Pohon Mangga

Klasifikasi Mangga

Pohon mangga merupakan salah satu tanaman yang masuk ke dalam kingdom Plantae. Tanaman ini juga masuk ke dalam kelompok tanaman berbunga. Biji tanaman ini merupakan biji yang berkeping dua atau biasa disebut dengan dikotil.
Tanaman mangga merupakan salah satu tanaman yang berasal dari India, namun sekarang tanaman mangga ini telah menyebar ke seluruh daratan di dunia.
Berbeda dengan tanaman padi yang merupakan makanan pokok, mangga merupakan buah yang memiliki rasa manis ketika matang dan cukup lezat untuk dijadikan jus maupun dimakan langsung.

Ciri Ciri Pohon Mangga

Hasil gambar untuk gambar pohon mangga

1.Akar Pohon Mangga

Akar merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk kelangsungan hidup setiap tumbuhan. Salah satunya adalah pohon mangga. Pohon mangga memiliki akar yang berjenis tunggang.

Akar ini sangat kuat dan panjang. Panjang akar dari pohon mangga ini dapat mencapai kedalaman hingga 6 meter dari permukaan tanah. Akar ini berfungsi untuk menyerap air dan unsur hara yang terdapat pada tanah.





2.Batang Pohon Mangga

Batang pohon mangga memiliki ciri ciri tegak, besar, keras, dan kuat. Hal ini dikarenakan batang pohon mangga memiliki kambium yang merupakan lapisan jaringan yang selnya aktif membelah.
Tekstur kulit pada pohon mangga tebal dan kasar, dan jika kulit ini terluka akan mengeluarkan getah. Warna kulit batang pohon mangga ini adalah coklat muda hingga coklat kehitaman. Pohon mangga juga mempunyai cabang dan ranting yang ditumbuhi banyak daun. 



3.Daun Pohon Mangga

Selanjutnya adalah daun pada pohon mangga. Selain dua bagian diatas, daun pada pohon mangga juga merupakan salah satu bagian paling penting pada pohon mangga.

Daun ini berfungsi untuk mengolah zat makanan yang disebut dengan fotosintesis. Daun pada pohon mangga berwarna hijau dan berbentuk melebar panjang dengan ujung yang runcing tergantung varietasnya. Daun pohon mangga ini memiliki tulang daun menyirip.





4.Bunga Pohon Mangga

Seperti yang kita ketahui dari klasifikasi di atas. Pohon mangga merupakan salah satu tanaman yang masuk ke dalam kelompok tanaman berbunga. Bunga pohon mangga ini berbentuk majemuk.

Jumlah bunga yang terdapat di setiap tandan tanaman ini berjumlah sekitar 1000 sampai 8000 kuntum. Dan setiap kuntum bunga ini memiliki ukuran yang kecil, yaitu sekitar 6 sampai 8 mm.




5.Buah Pohon Mangga

Buah mangga memiliki bentuk yang beragam tergantung jenis dan varietasnya, namun biasanya buah mangga berbentuk lonjong, bulat, dan sedikit pipih. Ukuran buah mangga juga ditentukan oleh jenisnya.
Bagian bagian buah mangga yang berubah ketika matang adalah warnanya, warna buah mangga ketika belum masak adalah hijau, namun ketika sudah matang buah mangga akan memiliki warna kuning kemerah merahan. Namun ada juga jenis buah mangga yang tetap memiliki warna hijau ketika sudah matang.

Biasanya umur mangga yang sudah mulai berbuah adalah 4 tahun untuk pohon mangga cangkokan, sedangkan untuk pohon mangga okulasi akan mulai berbuah ketika berumur 5 sampai 6 tahun.

Dalam buah mangga mengandung berbagai vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Diantaranya adalah vitamin C dan vitamin E, selain itu buah mangga juga mengandung karotenoid yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit kanker.




6.Biji Pohon Mangga

Biji pohon mangga dapat anda temukan ketika anda sudah membuka buah mangga. Biji pohon mangga merupakan biji berkeping dua atau disebut dengan dikotil.







KLASIFIKASI POHON MANGGA

Nama ilmiah mangga / nama latin mangga adalah Mangifera indica L.

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Sapindales
FAMILY : Anacardiaceae
GENUS : Mangifera L
SPESIES : Mangifera indica L.




MANFAAT MANGGA

1.Mengurangi kadar kolesterol




Kolesterol

2.Meningkatkan kekebalan tubuh

meningkatkan imun

3.Baik untuk Penderita Anemia

pusing

4.Mencegah Kanker

mencegah kanker

5.Menyehatkan Mata

mata sehat

Itulah informasi sekitar tentang pohon mangga,terimakasih telah membaca.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar