Pohon Jambu Air




Jambu air berasal dari daerah Indo Cina dan Indonesia, tersebar ke Malaysia dan pulau-pulau di Pasifik. Selama ini masih terkonsentrasi sebagai tanaman pekarangan untuk konsumsi keluarga.

Buah Jambu air tidak hanya sekedar manis menyegarkan, tetapi memiliki keragaman dalam penampilan.

Jambu air (Eugenia aquea Burm) dikategorikan salah satu jenis buah-buahan potensial yang belum banyak disentuh pembudidayannya untuk tujuan komersial. Sifatnya yang mudah busuk menjadi masalah penting yang perlu dipecahkan.

Buahnya dapat dikatakan tidak berkulit, sehingga rusak fisik sedikit saja pada buah akan mempercepat busuk buah.

Sistematika tanaman jambu air adalah sebagai berikut:

Kingdom : Plantarum
Sub Kingdom : Kormophyta
Super Divisio : Kormophyta biji
Divisio : Spermatophyta
Sub Divisio : Angiospermae
Classis : Dycotyledoneae
Ordo : Myrtales
Familia : Myrtaceae
Genus : Syzygium
Species : Eugenia aquea


Selain itu juga terdapat 2 jenis jambu air yang banyak ditanam, tetapi keduanya tidak begitu menyolok perbedaannya. Ke dua jenis tersebut adalah Syzygium quaeum (jambu air kecil) dan Syzygium samarangense (jambu air besar).

Ciri- Ciri  Pohon Jambu Air 

1. Batang Pohon Jambu Air 



Batang kayu jambu air aromanya sama seperti buahnya

manfaatnya : bisa digunakan untuk mengatasi segala penyakit yang berhubungan dengan pernafasan, mulai dari asma, bronkitis, hingga problem infeksi tenggorokan.

2. Daun Pohon Jambu Air 



Daun jambu air berwarna hijau tua, biasanya diujung tangkai ada daun yang berwarna merah, jika dicabut akan tercium aroma jambu air nya.

manfaatnya : bisa digunakan sebagai obat mata, serta melancarkan pencernaan.

3. Bunga pohon Jambu Air


Bunga Jambu air adalah bunga majemuk, bentuknya seperti karang, terletak di ketiak daun, dan kelopak bunga nya seperti corong. Warna bunga nya hijau kekuningan, benang sari nya berukuran  kurang lebih 3,5cm, berwarna putih dan terdapat lebih dari 20 benang sari. ukuran putik nya kira-kira 5cm dan berwarna hijau pucat. Bunga jambu air termasuk bunga yang lengkap.

manfaatnya : biasa digunakan untuk membantu menurunkan demam. Apabila dicampur dengan daunnya dan dihancurkan serta dijadikan masker, bunga jambu air dapat membantu meredakan cacar air.

4. Buah Pohon Jambu Air




Warna buahnya yaitu merah, tapi ada pula yg berwarna hijau, karena buah jambu ini manis, banyak beberapa hewan malam yang memakannya, dan kadang hanya beberapa gigitan saja.

manfaatnya : selain dimakan sebagai cemilan atau campuran petis Jambu air bermanfaat membantu  mengatasi diabetes, ia berperan dalam transformasi gula menjadi energi.

5. Biji Pohon Jambu Air 



Biji jambu air berbentuk bulat tidak teratur, biasanya dalam satu buah terdapat 3-4 biji yang menyatu ditengah-nya. Rasanya pahit.

manfaatnya : Biji jambu air ini bisa digunakan sebagai obat. Biji dari buah jambu air ini apabila dikeringkan dan dihancurkan, maka dapat dijadikan sebagai onat diare, asma, serta menurunkan demam. Sedangkan biji buah segarnya dapat membantu menyembuhkan penyakit disentri, katarak, serta diabetes. Uniknya, biji buah jambu air ini mengandung zat yang biasa dipakai sebagai anestesi.

Manfaat Jambu Air:

1. Mengontrol diabetes




2. Mengatasi diare dan perut kembung



 


3. Membantu mendinginkan tubuh 




4. Melawan infeksi jamur




5. Mengurangi risiko kanker payudara dan prostat



6. Menurunkan kadar kolesterol jahat





Sekian informasi tentang pohon jambu,terimakasih.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar