Pohon Jambu Biji


Jambu biji adalah tanaman buah yang sangat populer dan pada umumnya dikenal banyak oleh masyarakat.Jambu merah ini berasal dari daerah tropis di Amerika.
Tanaman jambu biji ini termasuk ke dalam golongan famili Myrtaceae dengan ordonya Myrtales disertai bentuk batang yang keras, panjangnya sekitar 10 hingga 20 meter bahkan lebih dari itu dan buah jambu biji berwarna hijau muda kekuningan yang berbentuk bulat. 
Selain itu pohon jambu biji juga sering tumbuh liar dan bisa ditemukan pada ketinggian lebih kurang 1 m sampai 1.200 m dari permukaan laut.

KLASIFIKASI TANAMAN JAMBU BIJI

  • Kingdom                     : Plantae atau Tumbuhan
  • Sub kingdom               : Tracheobionta atau tumbuhan berpembulu
  • Superdivisi                  : Spermatophyta atau menghasilkan biji
  • Divisi                           : Magnoliophyta atau tumbuhan berbunga
  • Kelas                           : Magnoliopsida atau berkeping dua/dikotil
  • Sub kelas                     : Rosidae
  • Ordo                            : Myrtales
  • Famili                          : Myrtaceae atau suku jambu – jambuan
  • Genus                          : Psidium
  • Spesies                        : Psidium guajava L.

MORFOLOGI TANAMAN JAMBU BIJI

1. Akar Pohon Jambu Biji



Jenis akar pada jambu biji merah adalah akar jenis tunggang yang bercabang dan berbentuk kerucut dan panjang meruncing, tumbuh lurus ke arah dalam tanah, memiliki cabang yang banyak, dan berwarna coklat muda hingga coklat tua.
Akar dari tanaman jambu biji merah ini bermanfaat untuk menyokong tanaman agar menjadi lebih kuat dan bisa membantu menyerap unsur – unsur air serta zat makanan yang ada didalam tanah.

2. Batang Pohon Jambu Biji

Batang tanaman jambu biji merah ini keras, kemudian bentuknya yang memanjang dan juga memiliki permukaan halus serta licin.
Batang tanaman ini bentuknya bulat yang memiliki diameter kurang lebih 10 – 20 cm, tak hanya itu batang tanaman ini kuat tergantung jenis dan varietesnya. Batang tanaman ini mempunyai ruas yang pendek kemudian dilengkapi dengan adanya percabangan yang banyak.
3. Daun Pohon Jambu Biji



Daun tanaman jambu biji merah memiliki bentuk bulat oval dengan warnanya yang kehijauan muda hingga tua. Bagian tepinya merata yang berdiameter 2 hingga 3 cm.
Daun jambu biji dilengkapi dengan adanya pertulangan daun kira – kira sebanyak 5 – 10 dalam satu daun. Daun jambu biji tergolong daun yang tidak lengkap karena daunnya hanya terdiri dari tangkai dan helaian saja yang biasa dikenal dengan daun bertangkai.
4. Bunga Pohon Jambu Biji



Bunga dari jambu biji merah ini warnanya putih kemerahan dan juga terdiri dari dua buah mahkota yang terdiri dari 4 – 5 daun berkelopak dengan jumlah mahkotanya yang sama.
Daun mahkota tanaman jambu biji merah ini biasanya saling berhadapan kemudian dilengkapi dengan tangkai sari yang berwarna cerah.
Bakal buah yang akan menjadi buah jambu biji adalah bunga jambu biji yang dapat berbunga dengan penyerbukannya yang dibantu dengan angin ataupun hewan lain seperti serangga.
5. Buah dan Biji Pohon Jambu Biji



Buah jambu biji merah ini berbentuk bulat yang memanjang dan sedikit oval dengan warna hijau kekuningan, buah jambu biji merah termasuk buah tunggal yang dalam satu bunga hanya dapat menghasilkan satu buah saja.
Buah ini memiliki daging yang tebal dengan warna merah, dan dilengkapi dengan biji dan biasanya dalam satu buah terdapat biji yang sangat banyak sekitar 50 – 100 biji.

MANFAAT BUAH JAMBU

1.Anti-tumor dan anti-inflamasi





2.Mencegah kanker



3.Menjaga tekanan darah



4.Mencegah penuaan dini



5.Menyehatkan kulit




TERIMAKASIH, SEMOGA BERMANFAAT;)... 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar