POHON KAPUK


POHON KAPUK RANDU

Kapuk randu atau kapuk (Ceiba pentandra) adalah pohon tropis yang tergolong ordo Malvales dan famili Malvaceae (sebelumnya dikelompokkan ke dalam famili terpisah Bombacaceae). Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan bagian utara,Amerika Tengah dan Karibia. Untuk varitas C. pentandra var. guineensis berasal dari sebelah barat Afrika.
Kata "kapuk" atau "kapuk" juga digunakan untuk menyebut serat dari tanaman ini. Pohon ini juga dikenal sebagai kapas Jawa atau kapuk Jawa, atau pohon kapas-sutraCeiba, genis tanaman ini juga merupakan simbol suci dalammitologi bangsa Maya.

A.KLASIFIKASI ILMIAH
Nama ilmiahCeiba pentandra
KingdomPlantae
SpesiesC. pentandra
B.CIRI  CIRI 







1.AKAR
Akar pohon randu termasuk jenis akar serabut. Jumlah akar pohon randu cukup banyak. Walaupun akar serabut, akan tetapi akar randu memiliki daya cengkeram yang kuat. Akar randu berwarna coklat dan sebagian akarnya berada di atas tanah. Akar randu kapuk dapat digunakan untuk ramuan obat tradisional. 










2.BATANG
Pohon ini tumbuh hingga setinggi 60-70 m dan dapat memiliki batang pohon yang cukup besar hingga mencapai diameter 3 m.










3.DAUN
Daun randu memiliki tulang daun menjari. Daun randu berwarna hijau
















4.BUAH DAN BIJI
Buah randu bentuknya lonjong dan warnanya hijau menyerupai kulit batangnya dan daunnya. Jika buah randu sudah tua maka akan beruah warnanya menjadi coklat kehitaman. Di dalam buah randu terdapat serat halus putih yang disebut kapas/kapuk randu.




C.MANFAAT UNTUK KESEHATAN

1.Mengatasi panas dalam








2.Menobati luka








3.Mengobati sakit mata








4.Mengatasi diare









5.Mengobati batuk










Terimakasih semoga bermanfaat...


Share:

0 komentar:

Posting Komentar