POHON TANJUNG





POHON TANJUNG

Pohon Tanjung  (Mimusops elengi) memiliki ciri khas yaitu berbunga harum dan bertajuk rindang. Ia biasa ditanam di taman-taman dan pinggir jalan sebagai peneduh.
Aslinya konon pohon ini berasal dari India, Sri Lanka, dan Burma. Sejak berabad-abad silam, ia telah masuk ke Nusantara dan dikenal dengan banyak nama.
Di Bugis, Makassar disebut dengan tanjong, di Bima tanjo, di Bali dikenal dengan nama angkatan atau wilaja.  Di Aceh ia desebut keupula cangè  sementara di Sulawesi Utara disebut kahekis, karikis, kariskis atau rekes.

KLASIFIKASI POHON TANJUNG
• KINGDOM : Plantae
• ORDO : Ericales
• FAMILI : Sapotaceae
• GENUS : Mimusops
SPESIES : Mimusops Elengi

MARFOLOGI POHON TANJUNG 

Pohon Tanjung umumnya berukuran sedang dan dapat tumbuh hingga ketinggian 25 meter. Memiliki daun-daun tunggal, tersebar dan bertangkai panjang.


Daun yang termuda berambut coklat dan segera gugur. Helaian daun berbentuk bulat telur hingga lonjong dengan panjang 9 –16 cm, bertepi rata namun menggelombang.


Bunganya berkelamin dua, sendiri atau berdua menggantung di ketiak daun, berbilangan 8 dan berbau semerbak. Bunganya yang wangi mudah rontok. Bunga-bunga yang rontok ini kerap dikumpulkan orang di pagi hari untuk mengharumkan pakaian, ruangan atau juga untuk hiasan.



MANFAAT POHON TANJUNG BAGI KESEHATAN
1).Obat penguat (Viagra alami) pada bagian kulit / pepagan.










2).Menurunkan demam/panas tubuh (pepegangan+bunga)








3).Menghentikan diare disertai demam (pepagan+bunga)
















4).Mengurangi sakit kepala(Daun yang dihaluskan)













5).Mengobati sakit tenggorokan










SEKIAN INFORMASI SEPUTAR POHON TANJUNG.

THANKS FOR READING :)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar